Demikian hasil pertemuan Jokowi dengan Perdana Menteri Fumio Kishida di Jepang

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Indonesia Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 di Istana Akasaka, Tokyo. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menyambut baik kesimpulan perundingan substantif Protokol Amandemen Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang (IJEPA) yang dimulai pada tahun 2019. IJEPA direncanakan akan dilaksanakan pada kuartal pertama tahun 2024.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyampaikan tiga poin utama yang dibawa IJEPA untuk Indonesia. Pertama, meningkatkan akses pasar Indonesia di Jepang. Kedua, memperluas akses pasar perbankan dan terakhir kerjasama dengan Manufacturing Industrial Development Center (MIDEC) yang dapat mendukung industri Indonesia menjadi basis manufaktur regional.

Selain IJEPA, Retno menyampaikan tiga bentuk kerja sama Indonesia dan Jepang yang disepakati dalam pertemuan bilateral tersebut, yaitu persetujuan hibah kepada Badan Keselamatan Maritim Republik Indonesia (Bakamla), percepatan pembangunan Pelabuhan Terpadu. Transportasi Jalan Raya (MRT), dan nota kesepahaman di bidang kesehatan. Jepang memberi Bakamla 9 miliar yen atau sekitar Rp 983 miliar.

Hibah kapal ini akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas maritim, termasuk dari sisi penegakan hukum, kata Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Kishida menyampaikan komitmen Jepang untuk mempercepat pembangunan MRT Jalan Timur-Barat. Niat peletakkan batu pertama atau inovatif Jalan ini Agustus 2024. Presiden Jokowi disebut mendorong agar pembangunan jalan Utara-Selatan Tahap 2A dan 2B selesai tepat waktu.

Kedua pemimpin juga meresmikan kerja sama di bidang kesehatan, khususnya kardiovaskular. Pertemuan keduanya menghasilkan nota kesepahaman antara Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation senilai 10 miliar yen atau Rp 1 triliun.

Periklanan

“Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kardiovaskular di kawasan Asia,” kata Retno.

Baca Juga  Strategi Jitu dalam Menjaga Aset Produktif di Kota Tangerang Cemerlang

Kedatangan Presiden Jokowi ke Jepang dalam rangka KTT ASEAN-Jepang yang akan digelar pada Minggu, 17 Desember 2023 waktu setempat. KTT ASEAN-Jepang, yang akan dipimpin oleh Jokowi dan Kishida sebagai co-chair, diadakan sebagai perayaan 50 tahun kemitraan tersebut. ASEAN dan Jepang.

Pilihan Editor: Joe Biden Dituntut oleh Warga Palestina-Amerika

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google Berita, klik Di Sini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *