Pertamina Patra Niaga Aktifkan Satgas, Jamin Pendistribusian Energi Lancar

INFORMASI NASIONAL – Menyambut kegembiraan libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Patra Niaga kembali menyiapkan Tim Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru). Peran tim Satgas Nataru sangat penting dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat, karena diperkirakan pergerakan masyarakat selama ini akan meningkat sebesar 43% dibandingkan tahun lalu.

Tim Satgas Pertamina Patra Niaga aktif sejak 15 Desember hingga 7 Januari 2024 untuk menjadi tulang punggung kelancaran distribusi energi dan akan melakukan upaya ekstra untuk memastikan seluruh kebutuhan BBM masyarakat, LPG dan AVTUR telah tercukupi dengan baik. jelas Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha Pt Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso, Jumat 15 Desember 2023 pada pembukaan Posko Nasional Sektor ESDM periode Natal 2023/2024.

Rata-rata konsumsi bensin atau produk bensin diperkirakan naik +4%, kemudian elpiji rumah tangga, baik subsidi 3 kg maupun non subsidi, diperkirakan naik sekitar +3%, dan kebutuhan. Avtur diperkirakan meningkat sebesar +6%. Peningkatan ini dibandingkan rata-rata penyaluran pada Oktober 2023.

Untuk bensin atau solar seperti tren sebelumnya akan terjadi penurunan yang proyeksinya sekitar -3,6%, begitu pula untuk bahan bakar industri perkiraannya turun -9%.

“Untuk menjamin terpenuhinya antisipasi peningkatan konsumsi, Pertamina Patra Niaga memastikan keandalan terminal, membangun saham di SPBU dan SPBE pada jalur utama dan jalur alternatif serta SPBU saku di beberapa titik. “Penambahan mobil tangki dan awaknya serta prioritas pergerakan kapal tanker ke jalur utama pulang,” kata Harsono Budi.

Persiapan awal yang dilakukan adalah memastikan stok aman. Ketersediaan stok Solar saat ini 17 hari, Pertalite 19 hari, BBM non subsidi semua 38 – 76 hari, LPG 17 hari dan Avtur 26 hari. Di seluruh lembaga distribusi, baik SPBU maupun agen LPG, stok juga meningkat 2-3 hari dari biasanya untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi masyarakat.

Baca Juga  Mantan Taylor Swift, Joe Alwyn, akhirnya go public setelah 6 bulan

Setelah stok diamankan, Pertamina Patra Niaga juga mengumumkan 115 terminal BBM, 30 terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 agen LPG, dan 71 DPPU. Penambahan layanan energi juga tengah dipersiapkan, antara lain lebih dari 1.500 SPBU siaga dan 4.700 gerai LPG siaga 24 jam, 48 kios Pertamina siaga, 185 sepeda motor siaga, 202 mobil tanker siaga, dan 19 rumah Pertamina siaga.

Periklanan

“Layanan tambahan ini akan kami kerahkan pada jalur lalu lintas utama, jalan tol, jalan rawan kemacetan atau bencana, serta lokasi wisata. “Kami juga terus melakukan koordinasi penuh dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, BPH Migas, Kepolisian, TNI, Jasa Marga, Telkom dan Perbankan,” lanjut Harsono Budi.

Tak lupa, Harsono Budi menambahkan, Pertamina Patra Niaga akan berbagi kegembiraan dengan masyarakat dan menyiapkan program loyalitas bagi pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina.

“Pertamina Patra Niaga akan berbagi dengan masyarakat sekitar wilayah operasional kami. Berbagai promo juga akan disiapkan untuk pelanggan setianya yang dapat dilihat masyarakat di aplikasi MyPertamina dan jejaring sosial @mypertamina. Jika memerlukan informasi lebih lanjut, masyarakat juga dapat menghubungi call center Pertamina (PCC) 135, pungkas Harsono Budi.

Badan Pengatur Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) yang sedang berjalan telah ditunjuk kembali sebagai Koordinator Komando Nasional Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Koordinasi Pengawasan, Penyediaan dan Pendistribusian Bahan Bakar Minyak, Gas, Listrik dan Bencana. Prediksi geologi untuk melindungi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dalam melaksanakan tugasnya, Posko didukung oleh unit dan instansi internal dan eksternal terkait.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati selaku Kepala Komando Nasional Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral menjelaskan, pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) dijamin aman menjelang Natal 2023 dan seterusnya. Tahun 2024 (Nataru).

Baca Juga  Pelajari tentang hipertensi dan hipotensi, gangguan tekanan darah dan risikonya

“Keadaan cadangan BBM dan LPG aman. BPH Migas berharap semua pihak dapat bersinergi agar pelaksanaan posko tersebut berjalan lancar, Sinergi ini tentunya tidak hanya bersifat internal bagi anggota Posko, namun juga sinergi dengan pihak lain yang berkepentingan, seperti Korlantas POLRI, Kementerian Perhubungan, Perhubungan Darat, Laut dan Udara, Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jasa Marga, terkait kesiapan jalur tol dan fasilitas tempat istirahat pada jalan tol. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika”, kata Erika.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *