PDB Inggris berkontraksi 0,3 persen

TEMPO.CO, JakartaData yang dipublikasikanBadan Pusat Statistik pada Rabu, 13 Desember 2023 menunjukkan MNE Inggris mengalami kontraksi sebesar 0,3 persen pada Oktober 2023. Ini adalah pertama kalinya sejak Juli 2023 PDB Inggris mengalami kontraksi bulanan.

Kontraksi terjadi setelah PDB Inggris mencatat kenaikan 0,2 persen pada September 2023. Sektor jasa, produksi industri, dan konstruksi semuanya melemah lebih dari perkiraan. Gabungan ketiga sektor tersebut turun untuk pertama kalinya dalam lima bulan. Ketiga sektor ini juga menjadi kontributor utama penurunan PDB Inggris karena besarnya peran mereka dalam perekonomian Inggris.

Secara khusus, sektor manufaktur dan konstruksi masing-masing turun sebesar 1,1 persen dan 0,5 persen pada Oktober 2023. Sementara itu, sektor jasa yang dominan menyusut sebesar 0,2 persen. Sektor jasa yang berhubungan langsung dengan konsumen turun 0,1 persen sehingga output sektor ini 5 persen lebih rendah dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Kontribusi negatif terbesar datang dari sejumlah aktivitas pribadi yang mengalami penurunan sebesar 2,3 persen.

Data ini dipublikasikan segera setelahnya Bank pusat Inggris mengadakan pertemuan untuk menetapkan suku bunga tahun ini. Pada Kamis 14 Desember 2023, bank sentral Inggris diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada level tertinggi dalam 15 tahun terakhir, yakni 5,25 persen.

Pound Inggris turun sekitar 0,3 persen terhadap USD menjadi $1,25 pada hari Rabu, 13 Desember 2023 setelah rilis angka PDB, dengan sejumlah pedagang menambah taruhan bahwa bank sentral akan didorong untuk menaikkan suku bunga pada tahun 2024.

Periklanan

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor rumah tangga dan dunia usaha mengalami peningkatan Bahasa inggris mengalami tekanan akibat krisis biaya hidup. Sementara itu, kemungkinan terjadinya resesi semakin besar.

Baca Juga  Pariwisata belum pulih, China menghapus visa bagi warga enam negara tersebut

Sumber: RT.com

Pilihan Editor: UNRWA mengatakan Gaza tidak lagi layak untuk dihuni manusia

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google Berita, klik Di Sini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *