Inilah kelebihan dan kekurangan diet water fasting

TEMPO.CO, JakartaPuasa air atau water fasting adalah metode diet yang hanya melibatkan konsumsi air putih tanpa mengonsumsi makanan atau minuman lain. Namun tetap harus berhati-hati karena cara ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan jika tidak dilakukan dengan benar.

Dikutip dari Berita Medis Hari Ini, puasa air tidak yakin untuk semua orang. Beberapa kelompok masyarakat yang dilarang melakukan puasa air adalah:

  • Mereka yang kekurangan berat badan
  • Mereka yang mempunyai penyakit jantung atau masalah pada jantungnya
  • Mereka yang menderita diabetes tipe 1
  • Mereka menderita migrain yang tidak terkontrol
  • Mereka yang menjalani transfusi darah
  • Mereka yang menerima pengobatan.

Melaporkan dari Diadaptasi dengan sangat baikberikut kelebihan dan kekurangan puasa air:

KELEBIHAN

– Tekanan darah rendah

Minum lebih banyak air dan mengurangi konsumsi garam adalah dua hal yang berhubungan dengan tekanan darah rendah. Cara ini juga terbukti efektif menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

– Daur ulang sel

Setiap hari sel dipecah dan didaur ulang. Proses ini disebut autophagy. Proses ini berperan penting dalam mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.

– Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa air dapat membantu mengatasi penyakit jantung. Peserta penelitian juga menunjukkan kadar trigliserida dan kolesterol yang lebih rendah.

– Membantu melindungi terhadap diabetes

Puasa dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Resistensi insulin merupakan faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2.

kekurangan

– Gangguan pencernaan

Setelah membatasi kalori dalam waktu lama, mengonsumsi makanan kembali, terutama dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mual.

Periklanan

– Risiko sindrom refeeding

Seseorang yang berpuasa di atas air berisiko lebih tinggi terkena sindrom refeeding, suatu kondisi yang melibatkan perubahan metabolisme yang cepat. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang kekurangan gizi.

Baca Juga  Taliban meminta pengungsi Afghanistan diberi waktu sebelum mereka meninggalkan Pakistan

– Kurangnya nutrisi

Dengan membatasi kalori, seseorang juga membatasi asupan vitamin esensial, mineral, asam lemak, asam amino, dan elektrolit. Ini semua adalah hal yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

– Menyebabkan dehidrasi

Meski terus minum air putih saat berpuasa, seseorang bisa saja berisiko mengalami dehidrasi. Pasalnya, bagi kebanyakan orang, 20 persen kandungan air dalam tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi.

– Perubahan tekanan darah

Jika minum terlalu banyak air, seseorang bisa mengalami hipotensi. Hipotensi adalah tekanan darah yang sangat rendah. Hipotensi ortostatik adalah jenis yang paling umum. Hipotensi ortostatik dapat menyebabkan seseorang merasa pusing saat berdiri.

– Hiponatremia

Hiponatremia atau keracunan air terjadi ketika air dan garam yang hilang melalui keringat digantikan dengan air saja.

– Pusing, kelelahan dan kesulitan fokus

Pusing, kelelahan dan kabut otak adalah gejala pembatasan kalori yang ekstrim. Para peneliti telah menemukan bahwa kontrol keseimbangan dan stabilitas dapat terganggu selama puasa air.

Pilihan Editor: Diet puasa air bisa menurunkan berat badan tapi kurang gizi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *