Sri Mulyani: Perekonomian global masih diselimuti ketidakpastian di akhir tahun

TEMPO.CO, JakartaMenteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati memperkirakan ketidakpastian masih terjadi Perekonomian global kemungkinan masih akan berlanjut hingga akhir tahun. Dia mencatat bahwa Amerika Serikat masih menghadapi inflasi yang tinggi, meskipun ada beberapa tanda bahwa suku bunga mungkin telah mencapai puncaknya dalam beberapa minggu terakhir.

“Padahal mungkin ada kabar baik bahwa Amerika cukup optimis tidak akan mengalami resesi seperti yang ditakutkan tahun lalu,” kata Sri pada Konferensi Pers APBN edisi Desember 2023 di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat. Jumat, 15 Desember 2023.

Sementara itu, Tiongkok menghadapi pelemahan ekonomi yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir karena berbagai faktor struktural jangka menengah seperti demografi, angkatan kerja yang menua, dan krisis real estate.

Perekonomian Eropa juga melemah secara signifikan, dengan negara-negara seperti Jerman mengalami kontraksi ekonomi dan Inggris mengalami defisit anggaran dan inflasi yang tinggi, terutama inflasi inti.

“Hal ini menyebabkan Eropa mengalami tekanan dimana suku bunga belum menunjukkan tanda-tanda mencapai puncaknya,” tambah Sri.

Selain permasalahan ekonomi, bendahara negara juga menyoroti risiko geopolitik di Ukraina dan Timur Tengah, khususnya Palestina, yang dapat meningkatkan ketidakpastian. “Perekonomian global diperkirakan masih lemah [in 2024].

Mengutip data lembaga internasional, Sri mencatat Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2024 akan turun menjadi hanya tiga persen, sedangkan Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi global sebesar 2,1 persen. Di sisi lain, inflasi meski menurun namun masih berada di atas target tiga persen yang ditetapkan negara maju.

“Sebesar 5,8 persen, inflasi global lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi COVID-19,” kata Sri Mulyani.

Depkes. KHORY ALFARIZI

Pilihan Editor: Inflasi Indonesia terus melambat tahun depan, kata The Economist

klik disini untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

Baca Juga  Soal anggaran makan siang gratis yang dikucurkan Prabowo, tim Anie: Hampir Rp 2 triliun setiap hari



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *